Peluang Bisnis Kost di Bandung

Beberapa waktu lalu saya memposting foto-foto sebuah rumah kost di daerah Jl. Pelesiran, hanya sekitar 200 m dari kampus ITB. Kostan itu memang sengaja saya pamerkan diblog ini karena pemiliknya memang berencana menjual bangunan tersebut. Tadinya saya akan memposting info tersebut di Toko Online JPMI Jabar yang masih dalam tahap uji coba. Tapi ternyata ada masalah teknis sehingga postingan tersebut batal saya pajang di situs tersebut. Akhirnya saya menggunakan blog saya sendiri untuk mempromosikan rumah kost tersebut.

Lokasi rumah kost ini memang amat strategis. Berada di Jl. Pelesiran, yang diapit Jl. Cihampelas dan Jl. Tamansari. Hal ini menempatkan rumah kost ini dekat dengan kampus ITB, Unpas Tamansari dan Unisba, pusat perbelanjaan CiWalk dan Pasar Modern Balubur yang sedang dibangun. Selain itu hanya butuh 10 – 15 menit ke simpang dago, pasteur (via jembatan Cikapayang) Gasibu, dan Jl. Dipati Ukur tempat deretan kampus UNPAD, UNIKOM, ITHB dll. Lingkungan pun cukup nyaman dan asri, masyarakat sekitar yang ramah serta religius, biaya hidup pun murah karena daerah ini memang merupakan daerah pusat hunian mahasiswa dari kampus-kampus yang saya sebut diatas. Saya merasakan sendiri kenyamanan tersebut karena merasakan tinggal disana sejak 2005 hingga 2009 ini.

Tempat makan didaerah sekitar pelesiran juga amat beragam. Untuk yang suka dengan masakan rumahan, banyak warung nasi yang tersebar dipelosok Jl. Pelesiran. Bagi yang ingin variasi lebih, di sore hari bisa mengunjungi daerah pasar balubur yang menyediakan mulai dari ayam bakar, nasi goreng mawut, soto surabaya, hingga warung angkringan khas jogja yang semuanya dengan harga mahasiswa. Untuk yang suka masakan warteg, tersedia di ujung jalan pelesiran, masakan khas minang dan nasi pecel komplit khas madiun ada di wilayah tengah. Untuk sarapan ada warung nasi kuning ibu Titin dengan harga yang luar biasa murah atau aneka jajanan didepan SD pelesiran. Jika anda lapar ditengah malam, jangan khawatir, ada warung kopi yang buka 24 jam, menyediakan aneka jus buah, bubur ayam, bubur kacang hijau-ketan hitam, mie rebus/goreng dll.

Berikut ini adalah spesifikasi rumah kost tersebut:

  • Bangunan 2 lantai, Luas lahan 195m2, Status Hak Milik, tersertifikasi.
  • 15 kamar tidur (10 atas, 5 bawah).
  • Lantai bawah berbentuk paviliun dengan 5 kamar dengan ruangan yang relatif lebih besar, plus dapur, ruang tamu, serta ruang keluarga.
  • Kamar mandi 3 buah (2 di atas dan 1 di bawah).
  • Listrik 1300 kwh.
  • Air PAM dan Jet Pump (Sanyo).

Foto Preview Rumah Kost:

Rumah kost diatas ditawarkan dengan harga awal Rp. 800 juta. Sebagai bahan pertimbangan untuk investasi jangka panjang, harga kost pertahun di wilayah pelesiran untuk 2008-2009 rata-rata berkisar Rp. 3 – 6 juta / tahun. Bertambahnya pusat perbelanjaan Balubur dan naiknya jumlah mahasiswa akan berpengaruh positif pada tawaran harga sewa kost ini kedepannya. Adapun harga sewa kamar kost di rumah yang saya tawarkan saat ini adalah sebagai berikut:

  • ATAS (10 Kamar): Rp. 3 juta / tahun (6 kamar), Rp. 4 juta / tahun (4 kamar).
  • BAWAH (Paviliun 5 kamar, saat ini tidak disewakan): Rp. 5 juta (2 kamar), Rp. 3,5 juta (3 kamar).

Bisnis Properti di wilayah bandung, terutama penyewaan kamar kost masih akan memiliki prospek cerah hingga bertahun-tahun kedepan dengan semakin banyaknya populasi mahasiswa dan pekerja migran dari daerah-daerah lain di Jawa Barat. Mungkin apa yang saya tawarkan ini hanyalah salah satu peluang yang bisa digarap saat ini. Jika anda tertarik, bisa langsung menghubungi nomor kontak dibawah.

Contact Person :

Verry Hp. 022-92412485 (Marketing JPMI Shop)

Ardee Hp. 022-92456409 (WebAdmin JPMI Shop)

Leave a Reply

Your email address will not be published.