Menggiurkan, tapi…

Alhamdulillah, saya tidak lebay hahaha. Betul nih… setelah sekian lama gak nulis, tertarik juga untuk ngapdet blog. Bukan dengan info promo, isu politik, forwardan tulisan dari milis ato blog ‘tetangga sebelah’ hahaha, tapi beneran nulis hal yang agak lumayan penting (semoga). Yap, begitulah… untung saya tidak lebay. Kata-kata itu mengawali tulisan nan katrok ini, dengan satu alasan. Saya ceritanya lagi bersyukur karena pagi ini nyaris tertipu oleh selebaran promo palsu. Tulisan ini semoga bermanfaat buat anda semua, sebuah tips dan trik agar anda terhindar dari modus penipuan berkedok promo berhadiah langsung berupa kendaraan bermotor.

Begitulah… saya hampir girang bukan kepalang (bahasa purba, *halah*) ketika tadi pagi menemukan sebungkus plastik kecil berisi kertas yang kayaknya mah jatoh dari kemasan produk wafer ‘TANGO’, produksi PT. ULTRA PRIMA ABADI atau populer dengan sebutan ORANGTUA group. Isi bungkusan itu ternyata selembar kertas dan sebuah kupon (maaf gak ada kamera) yang bertuliskan begini:

PT. ULTRA PRIMA ABADI

Jln. Raya Harmoni Kav. 21/22 No. 19 JakPus

SURAT PEMBERITAHUAN

NO. 64788 / TANGGO / s / 2009

PT. ULTRA PRIMA ABADI menyampaikan kepada Saudara(i) yang mendapatkan surat ini dimanapun atau di daerah mana saja, di dalam Produk PT. ULTRA PRIMA ABADI berarti sah atau resmi mendapatkan Hadiah Langsung dari Perusahaan kami tanpa diundi.

SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 (SATU) UNIT TOYOTA AVANZA

Untuk informasi lebih lanjut segera menghubungi Kabag Humas PT. ULTRA PRIMA ABADI selaku penanggung jawab. Telepon dapat dihubungi hari senin s/d jum’at pkl 07.30-15.30 wib. (Kecuali Hari Libur). Hadiah tersebut langsung kami antar ke alamat pemenang.

Khusus pemenang Grand Prize wajib menyelesaikan biaya Administrasi Balik Nama STNK BPKB. Pajak ditanggung pihak Perusahaan sebanyak 25%.

Keputusan ini mutlak dan tidak dapat diganggu gugat sesuai ketentuan Perusahaan yang Berlaku.

Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan, PT. ULTRA PRIMA ABADI tidak mengadakan undian berhadiah kecuali Hadiah Langsung yang didapat dalam kemasan.

[tanda tangan DIRUT (tertera Drs. H Sigit Purwanto, SE), disahkan oleh polda metro jaya (tertera Irjend. Pol Wahyono), Dirjen Pajak (tertera Drs. Sudarmin MM), disahkan oleh notaris (tertera Muh. Bachtiar SH. MH.)]

[logo SCTV TRANS7 TVONE]

[Kupon berisi nomor telepon yang harus dihubungi]

Hmmm… tampak meyakinkan kan? Tapi sejak awal saya langsung berpikir bahwa potensinya 50% : 50% antara ini hadiah betulan dan ini adalah penipuan. Adalah sangat mungkin ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mendompleng nama PT. ULTRA PRIMA ABADI untuk melakukan penipuan semacam ini. Maka dari itu, saya memutuskan untuk memastikan kebenaran adanya promo tersebut dulu baru menghubungi nomor telepon yang tertera dikupon. Saya mengamati lagi surat dan kupon tersebut dan menemukan kejanggalan sebagai berikut:

  1. Pada surat tertera nomor surat dengan tulisan [TANGGO] dan bukan [TANGO] seperti merk asli yang dimiliki PT. ULTRA PRIMA ABADI.
  2. Nomor kontak yang tertera didalam kupon keduanya adalah nomor seluler dengan kepala 021-97*** dan 081237***.
  3. Tulisan “Jangan menghubungi nomor lain untuk menghindari tindak penipuan.” dibelakang kupon.
  4. Tidak tertera izin Depsos. padahal biasanya promo berhadiah resmi biasanya mencantumkan nomor izin depsos. Justru yang tertera adalah tulisan: PT. ULTRA PRIMA ABADI
    BERTANGGUNGJAWAB ATAS DASAR IJIN PEMERINTAH R.I [ Nomor izin tralala dari mendagri, DEPKES, pemda jakarta dan polda metro jaya *gak nyambung pisan*]
  5. Tidak tercantum masa periode promo dan batas akhir penarikan hadiah.

Saya sih sebenarnya belum 100% yakin juga kalo ini penipuan, syukur-syukur kalo ternyata beneran *ngarep*. Tapi kok nampaknya janggalnya terlalu banyak. Jadi kepikiran untuk iseng datang ke kantor PT. ULTRA PRIMA ABADI langsung. Kebetulan emang kamis besok ada rencana untuk ke jakarta dan bersilaturahmi sama kuncen shelter TransJakarta harmoni (gak deng… cuma numpang lewat aja), ya jadi bisa sekalian memastikan kebenaran promo tersebut.

Itu aja sih sebenarnya pengalaman saya, seumur-umur gak pernah tuh sampe sekarang ikut undian ato promo berhadiah trus menang. Padahal dulu sempet juga seneng ikut kebiasaan di rumah, ngumpulin bungkus Indomie dan ikut supermega promo ato apalah nama undian dari Indofood [CurCol mode ON]. Dulu juga pernah nyobain ikut promonya Mie Sedap yang hadiahnya gitar PADI, secara ngefans berat sama BAND TERBAIK INDONESIA SEPANJANG ZAMAN [yang lain NOTHING kecuali Nasyid Metalnya SHOUTUL HAROKAH yeah!!!] versi saya tersebut huahahaha. Sayangnya sekali lagi gak dapet, hiks. Sekali-sekalinya juara eh… se-duakali-duakali-nya juara itu pas SD pas ikut lomba tertib shalat tarawih, trus pas jadi selebritis dadakan abis ikut Olimpiade Sains Nasional di jogja. Padahal mentok hanya di 30 besar nasional doang. Sebagai penutup curhat colongan ini, saya mungkin ingin sedikit ngasih TIPS DAN TRIK MENGHINDARI PENIPUAN BERKEDOK PROMO HADIAH LANGSUNG ATAU UNDIAN:

  1. Jika ada promo hadiah langsung dan menemui kasus seperti diatas, pastikan dulu ke customer service resmi dari produk yang bersangkutan sebelum anda memutuskan untuk menghubungi nomor kontak yang ada. Abaikan saja jika ada peringatan ‘JANGAN MENGHUBUNGI NOMOR LAIN’, ya iya lah… kalo emang berniat nipu pasti oknumnya gak mau kalo aksinya terendus oleh perusahaan yang asli.
  2. Amati dengan cermat kupon atau surat pemberitahuan yang anda terima. Lihat izin depsos yang tertera, karena seharusnya ada dan dicantumkan. Lihat juga alamat yang digunakan, apakah cocok dengan yang tercantum dibuku telepon atau situs. Kalau perusahaannya gak punya situs atau blog (harre gennnnneee?), bisa diusulkan saja ke perusahaannya untuk menghubungi saya [nomor kontak bisa liat di facebook], insyaAllah saya bisa memberi penawaran website perusahaan dengan harga murah (promosi colongan mode ON). Kesalahan ketik atau kalimat-kalimat janggal bisa jadi anda temukan. Jika ya, anda wajib curiga… tapi nggak wajib lapor RT/RW (karena yang wajib lapor RT/RW itu Tamu yang nginep > 2 x 24 jam tauuuu…).
  3. Kalau ternyata promo itu benar-benar ada, tetapi disebutkan bahwa anda harus membayar biaya administrasi ini itu, pastikan bahwa itu sesuai dengan yang tercantum dalam selebaran/poster promonya, benarkah tertera hal tersebut? Pajak ditanggung pemenang atau perusahaan, biasanya tertera di poster publikasi.
  4. Kalau anda cukup parno dan bermental detektif, atau pernah bercita-cita jadi polisi tapi nggak kesampaian, anda bisa coba melacak potensi penipuan dengan menelepon nomor kontak yang tertera tersebut. Anda harus berpura-pura yakin tentang kebenaran hadiah tersebut dan coba mengorek informasi sebanyak-banyaknya. Kalau anda cukup PeDe dengan hasil investigasi anda tersebut, anda bisa melaporkannya ke polisi.
  5. Kalau ternyata tidak ada masalah lagi di poin 1, 2, 3, bisa jadi promo tersebut benar adanya. Saya hanya mengingatkan, jika anda seorang muslim, jangan lupa dikeluarkan zakatnya 2,5 % (CMIIW). Lebih baik lagi jika anda mau berbagi kebahagiaan dengan bagi-bagi ke saya. Itu mah alhamdulillah banget, hehehe.

Sorry deh kalo TIPS DAN TRIKnya diselingi plesetan gak penting. Tapi kita harus tetep waspada intinya mah. Ingat, kejahatan itu bisa terjadi karena karena penjahatnya pinter, ato kitanya yang kurang hati-hati, jadi yaaaaa… jagalah hati (lho?).

Leave a Reply

Your email address will not be published.