Trik menghitung jumlah kata

Dalam suatu penulisan artikel, atau karangan, salah satu parameter panjang karangan adalah jumlah total kata dalam karangan tersebut. Hal ini sudah menjadi standar baku dalam penulisan baik untuk suatu karya yang dibukukan, atau makalah/paper. Namun bagi kita (termasuk saya) yang baru mengenal standarisasi tersebut mungkin agak pusing mendengarnya. Jika yang mau kita tulis adalah novel, yang standarnya (“Jurus Sakti Menulis Fiksi”, terbitan Annida) 50.000 kata tentu sangat memusingkan.
Berikut ini adalah cara sederhana untuk menghitungnya secara otomatis, tips ini terutama ditujukan bagi mereka yang berniat mengikuti IBC2007 atau event kompetisi penulisan yang lain.

  1. Gunakan teks editor anda (Ms Word atau Open Office misalnya) untuk menghitungnya.
  2. Buka dokumen teks yang ingin dihitung jumlah katanya. ( untuk IBC2007, copy-paste artikel blog anda yang ingin dihitung jumlah kata-nya)
  3. Pastikan bahwa tulisan itu telah bersih dari judul yang tercopy dobel, link “comments” dan pernak-pernik lain yang bukan merupakan bagian dari tulisan (misalkan anda melakukan copy-paste dari blog anda). Dalam menu [Tools] terdapat pilihan [word count], cukup mengklik pilihan tersebut.

Gitu aja sih… terlalu pendek ya…?

Leave a Reply

Your email address will not be published.