RSS Feed ‘mengumpan orang ke website kita’

RSS Feed: Mengumpan orang untuk datang keblog kita…

[Markaz, 19 Juni 2007; “Kenapa gw suka ngalor-ngidul ya…”]

Istilah ini baru saya kenal bulan-bulan ini. Jika mengutip dari Mario gagho, RSS singkatan dari Rich Site Summary atau ringkasan dan bentuk sederhana dari sebuah situs. Kalau di situs, selain isi kita juga dapat melihat gambar dg segala warna warninya, sedang RSS hanya mengandung isi/dokumen dari sebuah situs.

RSS-Feeding, suatu metode dalam dunia blog dan CMS yang memudahkan kita untuk berbagi informasi antar pemilik blog. Istilah ‘feed’ sendiri secara bahasa artinya umpan, dan memang sesuai dengan fungsi awal dari site-feeding sendiri yaitu menarik orang untuk datang ke situs yang kita kelola. Tetapi tidak semua situs dapat melakukan site feeding, hanya situs berbasis CMS/php sajalah yang memungkinkan site-feeding ini dapat berjalan.

Mekanisme dari RSS Feeding

Secara teoritik (baru baca dari buku tentang Joomla!) proses dari feeding sebenarnya ‘sederhana’. Struktur dari suatu CMS yang berbasis pada PHP terdiri dari 4 unsur yaitu file HTML, Script PHP, Style CSS dan structure setting yang berbentuk XML [1]. Dari keempat unsur tersebut, yang mengatur struktur pengarsipan dokumen berita/artikel yang di-publish di website kita adalah file XML-nya. File inilah yang kemudian menjadi sumber informasi dari sebuah RSS feed. Pada dasarnya RSS feed sendiri merupakan informasi mengenai judul dan cuplikan dari artikel yang tercantum dalam XML.

Tetapi butuh diluruskan pula, bahwa RSS feed tidak menggunakan sembarang file XML sebagai sumber. Hanya file XML yang mendokumentasikan arsip sajalah yang diolah menjadi RSS feed. Pada CMS/blog file XML arsip selalu di update setiap kali ada artikel yang dipublish. Sehingga saat suatu website/RSS feed manager memanggil file itu, ia akan menampilkan artikel paling update.

Salah satu yang populer digunakan diantaranya adalah ATOM (yang by default digunakan dalam blog). Cara menggunakannya pun mudah. Bagi yang ingin berlangganan/memasang RSS feed dari suatu blog maka yang dilakukan adalah memasukan URL dari file ‘atom.xml’ dari situs tersebut. Untuk blogger/blogspot dan FS blog alamat URLnya adalah URL blog kita ditambah “/atom.xml”.

RSS Feed Agregator/ reader

Untuk proses ini bisa dibaca selengkapnya di blognya Mario tetapi singkatnya adalah media yang kita gunakan untuk dapat melihat update dari berbagai situs pada saat yang bersamaan. Banyak jasa penyedia RSS Feed agregator, ada MyYahoo! dan reader.google.com. Saya menggunakan MyYahoo sampai saat ini, karena kebetulan mail saya yahoo. Caranya mudah,

  • Setelah login ke Yahoo.com kemudian pilih MyYahoo! yang letaknya persis dibawah logo yahoo disamping button MyMail.
  • Ada pilihan ‘add content’ di bagian kiri, tinggal di klik, kita akan dibawa ke tab ‘add content’.
  • Ada dua area di tab tersebut, find atau browse. Pilih ‘add rss by url’, kemudian masukkan URL dari file XML atau RSS feedsnya.
  • Jika kurang yakin gunakan fasilitas search saja.
  • Setiap update terbaru dari blog/website yang kita sindikasi/agregasi (gak begitu paham juga dengan istilah ini) akan segera tampil di MyYahoo kita.

Tulisan ini hanya sedikit awal bagi mereka yang baru mulai mengenal blog dan tulis-menulis, seperti saya. Inilah kira-kira resume belajar saya untuk masalah RSS feeding. Untuk lebih jauh lagi silahkan minta petunjuk pada Mbah Google…. insya Allah banyak sumber mengenai lika-liku RSS feeding yang lebih berkompeten dibanding saya.

Wassalam

Senja Admirer

Mau tau update blog ini via email? Masukin email Kmu disini: Delivered by FeedBurner

internet marketing

One thought on “RSS Feed ‘mengumpan orang ke website kita’”

Leave a Reply

Your email address will not be published.